Apakah ada Larangan Mencium Bayi Ketika Tidur?

Apakah ada Larangan Mencium Bayi Ketika Tidur?

JAKARTA - Mencium anak saat tidur seringkali dianggap sebagai ungkapan kasih sayang yang alami bagi orangtua. 

Namun, apakah tindakan ini selalu dianjurkan? Mari kita bahas lebih dalam.

1. Kenapa Bayi Tidak Boleh di Cium saat Tidur

Mencium bayi saat tidur sebenarnya dapat membahayakan mereka. Ketika bayi tertidur, respons refleks mereka mungkin berkurang, sehingga mereka tidak bisa mengontrol gerakan atau respons tubuh dengan baik. 

Ini bisa membuat mereka terkejut atau bahkan terganggu dari tidur yang tenang. Selain itu, dilansir dari laman nusantaraterkini pada Kamis (18/7/2024) mencium wajah bayi juga dapat meningkatkan risiko penularan infeksi atau kuman dari mulut orang dewasa.

2. Apa Hukum Mencium Anak Kecil

Menurut pandangan medis dan pediatri, sebaiknya hindari mencium anak kecil secara langsung di wajah, terutama saat mereka sedang tidur. 

Ini bukanlah hukum agama, melainkan lebih kepada prinsip kehati-hatian dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan anak.

3. Apakah Ayah Boleh Mencium Bibir Anaknya

Mencium bibir anak bisa menjadi kontroversial tergantung pada budaya dan pandangan individu. 

Secara umum, untuk mencegah penularan penyakit, disarankan untuk menghindari mencium bibir anak dengan bibir secara langsung, terutama saat mereka sedang tidur.

4. Bayi Tidak Boleh di Cium Sampai Umur Berapa

Tidak ada aturan pasti tentang umur berapa seorang anak dapat dicium dengan aman. 

Namun, sebagai pedoman umum, saat anak sudah lebih besar dan dapat mengontrol respons tubuhnya dengan lebih baik, mencium mereka tidak lagi membawa risiko yang sama seperti pada bayi yang sangat kecil.

Mencintai anak dengan kasih sayang adalah hal yang alami, tetapi penting untuk diingat bahwa kesehatan dan kenyamanan anak harus menjadi prioritas utama. 

Menggunakan tindakan kasih sayang yang aman, seperti memeluk atau menyentuh lembut, bisa menjadi alternatif yang lebih baik ketimbang mencium mereka langsung di wajah, terutama saat mereka sedang tidur. 

Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa setiap ungkapan kasih sayang yang kita berikan juga memberikan perlindungan dan keamanan bagi kesejahteraan mereka.

Sumber Nusantara Terkini

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak