Menu Sehat untuk Sahur dari Powerfit Indonesia untuk Menjaga Kesehatan saat Puasa

Menu Sehat untuk Sahur dari Powerfit Indonesia untuk Menjaga Kesehatan saat Puasa


JAKARTA - Sahur adalah waktu yang penting selama bulan Ramadan, di mana umat Islam menyantap makanan dan minuman untuk mempersiapkan diri menjalani puasa sepanjang hari. 


Namun, seringkali terjadi kesalahan dalam memilih makanan dan minuman yang tepat untuk sahur. 


Untuk itu, Founder of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar mencoba menjabarkan beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar menu sehat baik makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur, seperti:


1. Saat Sahur Sebaiknya Minum Apa


Founder of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar mengatakan minuman yang sebaiknya diminum saat sahur adalah air putih. 


Air putih membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa seharian. Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh, karena dapat menyebabkan dehidrasi.


2. Sahur yang Baik Makan Apa


Sahur yang baik sebaiknya mengandung makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral. "Contohnya adalah nasi merah atau oatmeal untuk sumber karbohidrat, telur atau ikan untuk protein, serta sayuran dan buah-buahan segar sebagai sumber serat dan nutrisi lainnya," kata Martina Tience Kelyombar, Senin (25/3/2024).


3. Minuman Apa yang Cocok untuk Sahur


Selain air putih, kata wanita yang akrab disapa Coach Tience ini, minuman yang cocok untuk sahur adalah susu rendah lemak atau susu kedelai, jus buah tanpa tambahan gula, atau smoothie buah-buahan segar. 


"Minuman-minuman ini dapat memberikan energi yang dibutuhkan serta membantu menjaga kesehatan tubuh," terangnya.


4. Apa Menu Makanan Sahur yang Bikin Perut Kenyang


Menu makanan sahur yang dapat membuat perut kenyang lebih lama adalah makanan yang mengandung serat tinggi dan protein. Contohnya, kata Coach Tience, adalah bubur kacang hijau, roti gandum dengan telur rebus dan sayuran, atau salad sayuran dengan potongan daging ayam atau tahu.


Masih dikatakan Coach Tience, memilih makanan dan minuman yang tepat untuk sahur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan stamina selama menjalani puasa. 


"Dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi, Anda dapat menjalani puasa dengan lebih nyaman dan tetap bugar sepanjang hari," pungkasnya. 


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Selamat menjalani ibadah puasa!


Sumber Nusantaraterkini.co

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak