7 Tips Praktis agar Tetap Bugar dan Tahan Berpuasa dari Powerfit Indonesia

7 Tips Praktis agar Tetap Bugar dan Tahan Berpuasa dari Powerfit Indonesia


JAKARTA - Bulan Ramadan adalah momen suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Di tengah ibadah puasa yang menuntut, menjaga kesehatan menjadi prioritas penting. 


Berikut ini ada 7 tips praktis dari Powerfit Indonesia yang dapat membantu kalian tetap bugar dan tahan berpuasa sepanjang bulan Ramadan.


1. Konsumsi Makanan Bergizi saat Sahur


Founder of Powerfit Indonesia Martina Tience Kelyombar mengatakan sahur adalah waktu penting sebelum memulai puasa seharian. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral. "Ini akan memberi energi yang cukup untuk menahan lapar dan menghindari rasa lemas selama puasa," katanya, Jumat (22/3/2024).


2. Hindari Makanan Manis Berlebihan


Makanan manis bisa memberi energi instan, tetapi efeknya hanya sementara. Maka dari itu, kata wanita yang akrab disapa Coach Tience, pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah agar energi terserap secara bertahap, menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari rasa lapar yang cepat kembali.


3. Minum Air Putih yang Cukup


Penting untuk tetap terhidrasi selama puasa. Pastikan untuk minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka. "Hindari minuman yang mengandung kafein atau gula berlebihan, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat kalian merasa lemas," ujar Coach Tience.


4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur


Coach Tience mengatakan buah-buahan dan sayuran mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. "Sertakan dalam menu berbuka puasa dan sahur untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup dan membantu menjaga pencernaan tetap lancar," akunya.


5. Istirahat yang Cukup


Selain itu semua, masih dikatakan Coach Tience, perlu juga untuk menjaga pola tidur yang teratur dan pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam. 


"Istirahat yang cukup membantu tubuh memulihkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga kalian dapat menjalani puasa dengan lebih baik," katanya.


6. Kurangi Aktivitas Fisik Berat


Hindari aktivitas fisik yang berat di bawah terik matahari selama puasa, terutama di siang hari. Prioritaskan aktivitas ringan atau sedang di waktu yang lebih sejuk, seperti menjelang berbuka atau setelah Tarawih.


7. Jaga Keseimbangan Nutrisi


Penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi selama bulan Ramadan. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, serta karbohidrat kompleks untuk memberi energi yang tahan lama dan menjaga keseimbangan nutrisi tubuh.


Dengan mengikuti tips-tips di atas, kata Coach Tience, kalian dapat tetap bugar dan tahan berpuasa sepanjang bulan Ramadan. Ingatlah untuk selalu mendengarkan tubuh kalian dan beri diri kalian istirahat yang cukup untuk menjalani ibadah dengan penuh semangat dan kesehatan. 


"Semoga Ramadan kali ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua," pungkas Coach Tience.


Sumber Nusantaraterkini.co

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak