Tiga Bulan Baru Ditemukan Astronom di Neptunus dan Uranus

Tiga Bulan Baru Ditemukan Astronom di Neptunus dan Uranus

JAKARTA - Tiga bulan baru ditemukan astronom di Neptunus dan Uranus. Dua diantaranya mengelilingi Neptunus dan satu bulan lagi di sekitar Uranus.

Bulan-bulan kecil baru ini terlihat menggunakan teleskop berbasis darat yang kuat di Hawaii dan Chili, dan diumumkan pada Jumat (23/2/2024) oleh Pusat Planet Kecil Persatuan Astronomi Internasional. 

"Perhitungan terbaru menempatkan Neptunus sebagai bulan ke-16 yang diketahui dan Uranus sebagai bulan ke-28," dilansir dari laman nusantaraterkini.co pada Sabtu (24/2/2024).

Salah satu bulan baru Neptunus memiliki perjalanan orbit terpanjang yang pernah diketahui. "Diperlukan waktu sekitar 27 tahun bagi bulan terluar yang kecil untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi Neptunus, planet es terjauh dari matahari," kata Astronom Scott Sheppard di Carnegie Institution for Science di Washington yang membantu penemuan tersebut.

Ilmuwan pertama kali mendeteksi bulan baru Uranus pada November tahun lalu saat menggunakan teleskop Magelang Chile. Sebulan kemudian, pengamatan lanjutan yang dikombinasikan dengan prediksi ilmuwan JPL tentang kemungkinan orbit bulan baru mengonfirmasi temuan tersebut.

Dua penghuni baru di sistem bulan Neptunus pertama kali terlihat pada September 2021. Setelah orbit yang lebih terang dari kedua satelit alam tersebut, S/2022 N5, dikonfirmasi hal itu ditelusuri kembali ke sebuah objek yang terlihat di dekat Neptunus pada Tahun 2003 tapi hilang sebelum dapat dipastikan mengorbit planet ini.

Ia mengatakan menentukan orbit bulan Neptunus yang lebih redup memerlukan waktu pengamatan khusus dalam kondisi ultra murni dengan Teleskop Sangat Besar Eropa di Chili dan Observatorium Gemini di Hawaii.

Ketiga bulan tersebut memiliki orbit berbentuk telur yang sangat condong ke bidang raksasa es masing-masing. Artinya, mereka tidak lahir di sekitar planet tempat mereka tinggal, melainkan ditangkap secara gravitasi di kemudian hari. (*)

Sumber Nusantaraterkini.co

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak